Saturday, August 14, 2010

ELECTRONIC BUSINESS

SALAH SATU WEB SITE E-COMMERCE, FITUR, IMPLEMENTASI & SARAN PENINGKATANNYA


Salah satu website e-commerce


Bhinneka.com


Fitur dari Bhinneka.com

  • Fitur pencari, memudahkan pengunjung untuk menemukan produk yang dibutuhkan (fitur wajib).

  • Fitur keranjang belanja, yang memperlihatkan produk apa saja yang kita beli di Bhineka.com (fitur wajib).

  • Fitur chating, memudahkan untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan sebagai media untuk saling negoisasi (fitur tambahan yang sangat berguna).

  • Fitur konversi mata uang, sangat berguna untuk menentukan harga produk dalam mata uang asing (fitur tambahan).

Dikutip dari: http://pujiee.wordpress.com/2010/01/13/e-commerce-electronic-commerce-pada-bhinneka-com/

  • Fitur RSS Feeds. Bhinneka.Com RSS Feeds adalah penerapan teknologi RSS untuk menyampaikan berita, artikel, atau promo dari situs Bhinneka.Com, yang disampaikan secara singkat, cepat, dan diperbaharui secara reguler.

Fitur yang diimplementasikan dengan baik dan fitur yang kurang implementasinya


Menurut saya fitur pencari yang memudahkan pengunjung untuk menemukan produk yang dibutuhkan merupakan fitur yang diimplementasikan dengan baik sedangkan fitur konversi mata uang merupakan fitur yang kurang implementasinya karena begitu masuk ke keranjang belanjaan, harga sudah langsung berubah menjadi rupiah


Saran untuk peningkatan (dikutip dari http://tibidip.com/membantai-bhinneka-com)


Header - Bagian Pertama Layar

Hampir semua situs e-commerce menempatkan logonya di sebelah kiri atas. Sedangkan Bhinneka menempatkan logonya disebelah kanan. Dengan menempatkan gambar Faces of Indonesia untuk menggantikan logo, Bhinneka kehilangan kesempatan branding yang cukup signifikan.

Above the fold adalah ruang yang sangat berharga. Jika pendaftaran pemakai ingin diperbanyak maka bhinneka dapat menampilkan pesan tentang keuntungan pemakai bila mendaftar di header. Buat call to action yang kuat untuk mendorong pendaftaran. Selain itu formulir sign in baiknya ditempatkan di header juga untuk memudahkan pengunjung.

Navigasi dan “drop-down menu” yang lebar untuk Bhinneka sudah bagus, tapi masih dapat dikembangkan. Artikel dari Smashing Magazine dapat membantu.

Penggunaan white space, dapat menambah kejelasan. Lihat contoh untuk foodnetwork.com. Dan perhatikan pula jeda sewaktu tetikus setelah keluar dari kotak drop-down.


Konversi

Kalkulator di panel bagian bawah Bhinneka.com telah menjadi sebuah komponen yang sangat familiar bagi kebanyakan pengunjung. Namun daripada merepotkan pengunjung, mungkin dapat dicoba apakah lebih efektif jika melakukan perhitungan langsung di dalam halaman. Hal ini patut dicoba mengingat semakin rumit sebuah sistem e-commerce, konversi akan semakin jatuh.


Customer Review

Dalam kaitannya dengan psikologi manusia jika penjual yang mengatakannya mengenai keunggulan produk yang dia jual kepada pelanggan maka pelanggan tidak akan percaya. Tapi apabila kata yang sama keluar dari mulut pihak ketiga, pelanggan akan percaya. Dengan munculnya persaingan, semakin dibutuhkan alasan mengapa pelanggan melakukan transaksi di Bhinneka.com maka testimonial akan sangat membantu. Untuk menarik pelanggan memberika testomoninya maka bhinneka perlu memberikan sedikit insentif yang dapat menambah motivasi kepada pembeli untuk memberi ulasan


Formulir pendaftaran

Formulir pendaftaran bhinneka cukup panjang dan rumit. Sebaiknya proses formulir ini diisi pada waktu akan checkout saja dan lebih dipersingkat karena dengan memperumit pendaftaran berarti semakin sedikit anggota yang mendaftar.


Konfigurator

Bhinneka mempergunakan konfigurator untuk beberapa produk dengan banyak pilihan. Untuk e-commerce, cara ini memang telah terbukti manjur. Bhinneka perlu memikirkan lagi halaman-halaman di mana konfigurator dapat dipergunakan dengan efektif. Mungkin pilihan bawaan langsung menyorot item yang paling lazim, sehingga pemakai dapat dengan lebih cepat menyelesaikan pilihan mereka.

0 comments:

Post a Comment