Saturday, August 14, 2010

KEPENTINGAN STAKEHOLDER ATAS EMPAT SISTEM PEMBAYARAN UTAMA & RESIKO STAKEHOLDER ATAS RESIKO YANG PALING MUNCUL PADA PEMBAYARAN ONLINE


Empat Sistem Pembayaran Utama

  • Cash / Kas / Tunai

  • Checking Transfer / Bilyet Giro

  • Credit Card

  • Stored Value

Keempat sistem pembayaran tersebut, kecuali pembayaran secara cash melibatkan tiga stake holder yaitu penjual, pembeli, dan pihak ketiga sebagai perantara pembayaran, biasanya bank. Sedangkan pembayaran secara cash hanya melibatkan dua stake holder, yaitu penjual dan pembeli saja


Kepentingan stakeholder atas empat sistem pembayaran utama

  • Cash

  • Penjual: menerima pembayaran atas barang/jasa yang dijualnya secara langsung

  • Pembeli: membayar barang/jasa yang dibelinya secara langsung

  • Checking Transfer (Bilyet Giro)

  • Penjual: menerima pembayaran atas barang/jasa yang dijualnya

  • Pembeli: membayar barang/jasa yang dibelinya tanpa perlu membawa uang kas

  • Bank: menerima pembayaran fee atas biaya transfer antar bank

  • Credit Card

  • Penjual: menerima pembayaran atas barang/jasa yang dijualnya

  • Pembeli: membayar barang/jasa yang dibelinya tanpa perlu membawa uang kas

  • Bank: menerima pembayaran fee abonemen/biaya administrasi credit card dan menerima pembayaran bunga dari pembeli atas pembayaran dengan dana bank (pembeli berutang kepada bank)

  • Stored value

  • Penjual: menerima pembayaran atas barang/jasa yang dijualnya

  • Pembeli: membayar barang/jasa yang dibelinya tanpa perlu membawa uang kas

  • Bank atau lembaga penyedia layanan stored value lain: menerima pembayaran fee biaya administrasi pemeliharaan rekening (bank) atau menerima fee jasa layanan atas jasa stored value yang diberikan (misal pada T Cash yang dibebankan setiap transaksi yang dilakukan)

Resiko yang paling sering muncul pada pembayaran secara online

  • Penjual: Kemungkinan terjadinya pembayaran secara online dengan menggunakan alat pembayaran yang telah dipalsukan.

  • Pembeli: telah melakukan pembayaran, tetapi penjual tidak mengirimkan barang yang dibeli, atau spesifikasi barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, untuk pembayaran yang dilakukan dengan kartu kredit, terdapat kemungkinan pembobolan kartu kredit yang dilakukan oleh oknum penerima data kartu kredit.

  • Bank atau lembaga penyedia layanan stored value lain: tidak ada

0 comments:

Post a Comment